Pentingnya Ilmu Dalam Kehidupan ..



Ilmu adalah hal paling penting dalam kehidupan ini, setiap waktu manusia membutuhkan ilmu .Bukan hanya manusia makhluk lainnya juga membutuhkan ilmu, seperti hewan dan tumbuhan . Hewan contohnya seperti kucing dia butuh ilmu makanya kucing juga belajar untuk mendapat ilmu seperti kucing yang ingin menghindari musuhnya . Dia perlu belajar terlebih dahulu bagaimana caranya menghindarinya lalu dia dapatkan ilmu untuk menghindarinya dan akan dia lakukan setiap ada serangan dari musuh . Artinya, belajar penting untuk mendapatkan ilmu dan ilmu itu akan digunakan untuk kebutuhan di kehidupan di dunia ini. Takkan ada namanya orang pintar bila tiada yang namanya ilmu . Allah swt yang maha pengasih lagi maha penyanyang telah memberikan akal pikiran yang begitu besar . Terlebih manusia yang diberi akal sehat dan akal yang lebih besar daripada makhluk yang lainnya . Karena ,manusia ialah makhluk yang paling mulia dimata Allah swt . 
      Maka dari pada itu janganlah sia-siakan akal pikiran yang sudah diberikan . Bodoh atau pintarnya seseorang bukan karena akali pikiran yang diberikan Allah swt TETAPI sejauh mana kita telah berusaha mengasah otak itu supaya genius . Ada sebuah pepatah yang berbunyi " Tuntutlah Ilmu walaupun Hingga Negeri Cina" yang berarti tuntutlah ilmu yang banyak sejauh dan setinggi mungkin walau sampai ujung dunia . Ilmu didunia banyak cara untuk didapat dan juga banyak macamnya . Contoh dengan Membaca,Mendengar,dan Menulis kita dapat mendapat ilmu . Begitu mudahnya mencari ilmu tetapi kenapa di dunia ini masih ada saja orang yang Kekurangan Ilmu Atau Bodoh ?? Mungkin jawabanya Karena mereka tidak berfikir untuk maju . Dan tidak mau meraih kesuksesan .

     Arti ilmu menurut sebagian orang ialah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia.Segi-segi ini dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti. Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari keterbatasannya.

      Ilmu bukan sekadar pengetahuan (knowledge), tetapi merangkum sekumpulan pengetahuan berdasarkan teori-teori yang disepakati dan dapat secara sistematik diuji dengan seperangkat metode yang diakui dalam bidang ilmu tertentu. Dipandang dari sudut filsafat, ilmu terbentuk karena manusia berusaha berfikir lebih jauh mengenai pengetahuan yang dimilikinya. Ilmu pengetahuan adalah produk dari epistemologi.

رواه إبن عبد البر)) طَلَبُ اْلعِلْمَ فَرِيْضِةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَ مُسْلِمَةٍ
Artinya :
Mencari ilmu itu hukumnya wajib bagi muslimin dan muslimat”(HR. Ibnu Abdil Bari)


Kesimpulan : 

JANGANLAH ANDA MERASA LELAH MENCARI ILMU . ILMU TAKKAN MATI DIMAKAN ZAMAN ILMU IALAH SUBER KESUKSESAN . Dan Tuntutlah Ilmu Hingga Akhir Hayat Jangat Buat Orang Tuamu Menyesal telah melahirkan KAMU .. !!!


EmoticonEmoticon